Daniel. Powered by Blogger.

Pemahaman dan komponen Laptop

Posted by CIVULLY MOON BLOG

http://wandortoz.blogspot.com/-UQCKDv906XI/VWlMGkl7kpI/AAAAAAAAAAg/L6MHx-Gm2ao/s1600/SYF550CC15_asus_f550cc_core_i5_notebook.jpg
laptop

Pengertian
Laptop merupakan komputer yang mempunyai fungsi sama dengan PC desktop. Namun, perangkat hardware menjadi satu dalam pentuk seperti lipatan buku dan menggunakan power baterai charge yang tahan antara 2-5 jam. Jenis komputer ini mudah dibawa ke mana-mana karena bentuknya kecil dan ringan.

Hardware
Laptop juga memiliki hardware, misalnya motherboard, prosesor, memori, kartu grafis, dan layar. Namun, karena bentuk laptop kecil dan tipis, bentuk hardware yang dimiliki oleh laptop juga jauh lebih kecildari hardware yang dimiliki oleh PC desktop. Semua hardware yang ada pada laptop memiliki fungsi yang sama dengan yang ada pada komputer jenis  PC desktop. Berikut beberapa hardware yang perlu diperhatikan pada saat ingin membeli laptop, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan budget pengguna komputer.

1. Prosesor
http://wandortoz.blogspot.com/-BzltE9O6y1k/VWlMcOwxE5I/AAAAAAAAAAo/0nyWArAmPbo/s1600/proce.jpg
Proccesor
Prosesor sebagai otak dalam komputer yang tertentu saja menjadi sorotan pertama dalam menilai laptop. Prosesor yang sering di pakai dan memiliki nilai persaingan saat ini adalah jenis AMD dan intel. berikut tabel performa prosesor.


 Level Perfomance
 AMD
 Intel
 High
 AMD Turon 64 X 2
 Intel Core™ 2 Duo
 Medium
 AMD Turon 64 & Athlon 64
 Intel Core Duo & Core Solo
 Low
 AMD Sempron
 Intel Celeron M



 Setiap performa biasanya memiliki spesikasi berbeda yang disesuaikan dengan budget dan keperluan. Semakin tinggi tingkat level performance yang dimiliki, semakin mahal harga laptop tersebut.

2.GPU (graphic processor unit) atau video adapter
Biasanya, GPU sudah terpasang integrated pada motherboard yang memorinya mengambil dari memori utama yang ada pada laptop. Untuk laptop kelas performance tinggi, GPU ini sudah terpasang terpisah dengan memiliki prosesor dan memori utama sendiri serta cip GPU-nya sudah tidak tergabung dengan cip Northbridge. Semakin bagus GPU, semakin bagus menarik tampilan gambar, lebih suport dengan sofware dan game berkualitas 3 dimensi . GPU laptop saat ini di golongkan menjadi 2 level performance. GPU yang ada di pasaran, yaitu :

GPU high performance
Jenis GPU yang sudah memiliki sifat dedicated dalam arti GPU berdiri sendiri dalam kepemilikan terhadap prosecor dan memori, tanpa menggunakan memori utama yang ada . Contoh merek chipset dan jenis GPU yang tergolong dalam performance ini adalah ATI dengan mobility Radeon seri 9200 ke atas dan termasuk juga Mobility FireGL dan untuk Nividia dengan Gerforce Go 6600 ke atas dan termasuk juga Quadro FX.

GPU low performance 
GPU jenis ini lebih mementingkan harga murah dibandingkan kualitas performance GPU tersebut. GPU hanya dipentingkan untuk bisa menonton DVD dan menjalankan aplikasi standar, tetapi tidak dianjurkan untuk menggunakan sofware dan game berbasis 3dimensi. Biasanya GPU pada leve ini bersifat intergrated. Jenis GPU di pasaran yang termasuk dalam level ini antara lain ATI dengan mobility Radeon 9100 ke bawah dan Nvidia dengan GeForce Go 6100 ke bawah, atau untuk jenis Intel dengan GMA 950 dan 900, VIA unichrome dan C7, serta GPU dari SIS.

Harddisk
http:/wandortoz.blogspot.com/-yJYPb87fiio/VWlMsr7LTzI/AAAAAAAAAAw/c6DNQSQEOas/s1600/hard.jpg
harddisk
Kapasitas Harddisk sangat memengarusi kebutuhan pengguna untuk menyimpan file dan data kerja. untuk zaman sekarang, laptop memiliki minimsl kapasitas harddisk sebesar 80 Gb dengan kecepatan putaran 5.400 rpm. semakin cepat putaran harddisk, semakin baik performa sistem laptop.


Memori utama
http://wandortoz.blogspot.com/-mQJL0McDsOA/VWlM9BfsJhI/AAAAAAAAAA4/5UmDWV5NhZs/s1600/mmo.jpg
memori (RAM)
Fungsi memori utama pada laptop sama dengan desktop. Semakin besar kapasitas memori, semakin cepat kinerja laptop. Memori utama pada laptop sudah terpasang intergrated pada motherboard sehingga tidak bisa diganti atau di ubah. Pengguna komputer hanya bisa menambah kapasitas memori tersebut dengan memasang memori baru pada slot jenis memori yang sudah tersedia. Untuk menambahkan memori utama, ketahui lebih dahulu jenis memori yang sudah ter-intergrated. jangan memilih jenis memori yang berbeda karena pasti tidak akan bisa berfungsi. jika menggunakan memori DDR 1 dan PC 3200 MHz, tambahan memori yang bisa di gunakan adalah yang berjenis DDR 1 dan minimal PC 3200 MHz.

Driver optik 
Driver CD-Rom sudah menjadi standar pada pengguna laptop saat ini. namun perkembangan teknologi membawa pengguna laptop untuk berpaling pada driver DVD-RW yang mempunyai kemapuan membaca atau memutar kepingan DVD dengan kemapuan tambahan, dapat menulis atau menyimpan data pada kepingan DVD R yang di gunakan. penggunaan DVD-RW, biasanya terdapat pada jenis laptop level high performance.

Baterai
Masa kerja baterai di pengaruhi oleh efisiensi laptop dan ukuran baterai. Ukuran terpenting adalah Watt-hours (whr). Spesifikasi ini kini berada antara 20 whr sampai 100 whr dan umumnya yang digunakan 50 whr. Secara virtual, semua baterai yang digunakan saat ini adalah model lithium ion, menggantikan jenis baterai nickel hydride. Baterai isi ulang pada laptop umumnya bisa bertahan selamanya (jika dirawat dengan baik). Biasanya hanya baik untuk 300 sampai 500 siklus isi ulang/pemakaian. Oleh karena itu, baterai laptop yang berumur dua tahun sudah tidak berjalan seperti pertama kali di beli.

PCI express card
Merupakan pengganti PCMCIA (PC card) yang mempunyai beberapa kelebihan, antara lain kinerja yang lebih cepat dan hot swappable atau bisa di cabut langsung tanpa harus mematikan laptop terlebih dahulu. Fungsi express card sama dengan PC card yang bisa di pakai untuk menambah berbagai macam periferal, misalnya TV tuner, eSATA, firewire, dan wireless WAN.

Wireless LAN
Perangkat yang digunakan untuk menghubungkan laptop dengan jaringan atau koneksi ke internet yang dikenal dengan sebutan WI-FI. laptop level performance medium dan high umumnya sudah menyertakan perangkat ini secara built-in, yang artinya pengguna komputer tidak perlu menambah perangkat WI-FI. jika di dalam laptop tidak ada perangkat ini, dapat ditambahkan sendiri melalui perangkat eksternal adaptor dalam interface dengan kemampuan transfer data hingga 54 mb per-detik. Teknologi WI-FI terbaru saat ini adalah 802.11 n. Lebih cepat, tetapi implementasinya masih belum banyak di pakai pada laptop saat ini.

Teknologi 3G HSDPA
Pada zaman mobilitas yang tinggi sekarang ini, dapat dikatakan bahwa hampir semua orang membutuhkan koneksi internet. banyak orang yang terbentur masalah biaya yang tidak murah. Koneksi 3G adalah jawabanya. Sama pada 3G pada ponsel, ada juga laptop yang sudah di lengkapi dengan teknologi 3G built-in. Pengguna cukup berlangganan layanan 3G HSPD, kemudian memasukan SIM card-nya langsung dalam laptop atau melalui express card. Melalui 3G HSDPA, pengguna laptop bisa melakukan surfing internet, mengirim dan menerima e-mail, atau memanfaatkanya sebaik VoIP, tetapi tidak bisa digunakan untuk menelpon atau SMS seperti halnya ponsel.

Bluetooth
Hampir semua laptop level medium memiliki fasilitas bluetooth. bluetooth bermanfaat untuk melakukan sinkronisasi dengan ponsel genggam yang juga memiliki kemampuan yang sama, dari pada melalui kabel data. Transfer informasi dan data melalui bluetooth terasa lebih cepat dibadingkan menggunakan kabel data.

Layar monitor
Monitor pada laptop memiliki fungsi yang sama juga dengan monitor yang ada pada PC desktop. Semakin bagus tampilan gambar atau film yang ada pada layar. Berikut ini beberapa jenis layar yang dipakai oleh laptop yang beredar di pasaran.

Thin Film Transistor (TFT)
Layar standar yang digunakan pada semua jenis laptop. Lebih dikenal dengan sebutan layar LCD. Layar ini sangat sempurna untuk digunakan pada ruangan yang banyak cahaya.

Super TFT
Teknologi layar terbaru yang menggunakan standar panel TFT dengan menambahkan lapisan khusus di bagian paling atas layar. Kualitas gambar yang di tampilkan menjadi lebih bening dan lebih realistik. satu-satunya kekurangan jenis layar ini adalah  jika digunakan pada ruangan yang sangat terang atau banyak cahaya, layarnya reflektif atau memantul.

Light emitting diode (LED)
Layar LED menggunakan sekumpulan LED yang berada di balik layar. Warna lebih nyata, kontras lebih baik, layar lebih baik, layar lebih terang, tipis dan membutuhkan daya yang lebih sedikit. Namun, jenis layar ini adalah jika digunakan pada ruangan yang sangat terang atau banyak cahaya, layarnya reflektif atau memantul.

Layar laptop juga menawarkan format layar 4:3, sama seperti TV atau layar CRT yang sudah menjadi standar umum laptop. Layar format terbaru adalah 16:9, yang lebih dikenal dengan sebutan layar wide screen. Ukurannya lebih besar dan sangat cocok untuk menonton film format DVD.

Sofware
Penggunaan sofware pada laptop hampir sama dengan komputer jenis PC desktop. Namun, pada laptop jarang sekali ditemukan sistem operasi bajakan karena biasanya sofware OS sudah ter-integrated . Kemapuan OS pada laptop disesuaikan dengan kemampuan hardware.Oleh karena itu, untuk laptop kelas high performance sudah ter-install OS sekelas Windows terbaru yng kita kenal sekarang Windows XP, Windows 7, dan Windows 8.

   sekian informasnya, follow blog saya atau share informasi ini jika anda merasa sangat bermanfaat.


Related Post



Posted by Unknown