Daniel. Powered by Blogger.

Definisi dan sejarah komputer

Posted by CIVULLY MOON BLOG

Arti Komputer

Kumputer zaman sekarang
 Kehidupan manusia zaman sekarang tidak dapat lepas dari teknologi, khususnya komputer. bahkan, banyak peralatan berbasis komputer yang sekarang ini umum digunakan masyarakat, misalnya personal data assistant (PDA), global positioning system (GPS), mobile computer (deksnote, Laptop), mobile phone (HP), translator, dan sebagainya.
Beberapa pakar dan peneliti mengartikan komputer sebagai berikut:


Menurut Hamacher, "komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memperosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi."

Menurut Blissmer,"Komputer adalah alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memperoses input sesuai dengan instruksi yang di berikan, menyimpan perintah dan hasil pengolahanya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Fouri berpendapat bahwa "Komputer adalah pemroses data yang dapat melakukan penghitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia."

Jadi dapat di simpulkan bahwa komputer adalah seperangkat alat elektronik yang terdiri atas peralatan input, alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi, serta bekerja secara otomatis.

Penggolongan komputer 
literatur terbaru menggolongkan komputer berdasarkan empat hal, yaitu data yang diolah , penggunaaan, bentuk, ukuran dan generasinya
  
1. Data yang diolah 

komputer analog
computer analog
digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan paralel. Biasanya, tidak memerlukan bahasa perantara. Contohnya, komputer yang digunakan untuk mengukur suhu, kecepatan suara, dan voltase listrik.
  
komputer digital
digunakan untuk mengolah data kuantatif (huruf,angka,kombinasi huruf, angka dan karakter khusus).  Biasanya, memerlukan bahasa perantara. salah satu contonya adalah Komputer PC.
  
koputer hybrid
kombinasi antara komputer analog dan digital, contohnya faksimile.

2. Penggunaan 

komputer untuk tujuan khusus (special purpose computer)
digunakan secara umum, misalnya untuk pengolahan grafis, pengolahan multimedia, pengolahan data base, dan pengolahan program lainya.

komputer untuk tujuan umum (general purpose computer)
digunakan secara khusus dan mempunyai satu fungsi kerja saja, misalnya sebagai server, PC outer, atau terminal dumb.

3. Bentuk dan ukuran

Supercomputer
Supercomputer
jenis komputer yang di gunakan untuk menyelesaikan masalah yang membutuhkan perhitungan sangat kompleks. karena bentuk dan harganya relatif mahal, komputer ini jarang di temui. biasanya digunakan di universitas, pemerintah, danperusahaan besar.

Mainframe computer
Mainframe computer

Jenis komputer yang digunakan pada lingkungan ketika pengguna memerlukan akses unuk menjalankan program, dan memakai data secara bersama-sama. Biasanya. komputer jenis ini banyak digunakan sebagai server e-commerce yang melayani transaksi melalui internet.

Mini computer
mini computer

komputer jenis ini lebih kecil dari computer mainframe, tetapi lebih besar dari jenis microcomputer. biasanya, memiliki beberapa terminal. komputer jenis ini di gunakan sebagai server jaringan komputer atau server internet.

Workstation computer
workstation computer
computer single-user (digunakan oleh satu orang) yang sangat powerful. biasanya, digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan perhitungan kompleks dan pekerjan yang berat, misalnya pembuatan animasi komputer.

Microcompiter/personal computer (PC)
Jenis komputer pribadi yang digunakan oleh satu orang, yang kinerjanya bergantung pada kebutuhan. jenis komputer ini mencakup deskop, computer, laptop dan PDA.

4. Generasi

komputer terbagi menjadi beberapa generasi sebagai berikut.
- komputer generasi pertama (1946-1959)
- komputer generasi kedua (1959-1964)
- komputer generasi ketiga (1964-1970)
- komputer generasi keempat 1979-sekarang)
- komputer generasi kelima (sekarang sedang ditulis sejarahnya)


Related Post



Posted by Unknown