Daniel. Powered by Blogger.

Kenapasih ada Virus Komputer

Posted by CIVULLY MOON BLOG


kenapa sih ada virus
pertanyaan ini sering di ajukan banyak orang karena saking risihnya, virus komputer atau laptop bukanlah sahabat yang baik bagi semua orang justru seperti parasit yang merusak dan membuat jengkel, jika mungkin ada jin lampu dikasih satu permintaan mungkin saya akan minta hilangkan virus didunia, haha ini bukan iklan tujoeh enam ya, kembali ke permasalahan ini, kenapa bigutu banyak virus? apakah muncul dengan sendirinya? atau anti virus yang saya pasang adalah sumbernya, sabar baca dulu penjelasan saya baik-baik
anda akan mengerti setelah membacanya.

Awal muasalnya alias Sejarahnya

Pada tahun 1960 an para ahli di lab BELL (AT&T) menguji teori yang di ungkapkan oleh John von Nemumann (1949 yang menyatakan "teori self altering autamata", hasil riset para ahli matematika, dengan membuat permainan. Mereka membuat program yang dapat memperbanyak diri  dan dapat menghancurkan program buatan lawan. Program yang mampu bertahan dan menghancurkan semua program lain, akan di anggap sebagai pemenang. permainan ini akhirnya menjadi permainan favorit di setiap lab komputer. Namun, semakin lama program yang di ciptakan semakin berbahaya sehingga mereka melakukan pengawasan dan pengamanan yang ketat terhadap permainan ini. pada Tahun 1980, program tersebut ahirnya dikenal dengan sebutan "Virus", wabah ini berhasil menyebar keluar lingkungan laboratoriom, dan mulai beredar di masyarakat umum.



Pemahaman

Virus komputer bisa di artikan sebagai program komputer biasa. perbedaanya mendasar dengan program lainnya adalah virus dibuat untuk menulari program lainya, mengubah, memanipulasi, bahkan merusak. yang perlu di pahami oleh anda adalah virus hanya akan menular jika program pemicu atau program yang telah terinfeksi tadi di eksekusi (contoh ada firus rammit agan hapus ya makin banyak yang muncul).
Sifat Virus Umumnya
 Sebuah program dikatakan termasuk jenis virus jika program tersebut memiliki kemampuan dengan minimal lima kriteria, yaitu:
  • Kemampuan mendapatkan informasi
  • Kemampuan memeriksa suati file
  • Kemampuan menggandakan dir dan menularkan diri
  • Kemampuan melakukan manipulasi
  • Kemampuan menyembunyikan diri
sikllus hidup Virus

Dormant phase (fase istirahat/tidur)
pada fase ini, virus tidak aktif. virus akan di aktifkan pada kondisi tertentu, misaknya tanggal yang di tentukan, kehadiran program lain/dieksekusinya program lain (delete sngkatnya) dst. tidak semua virus melalui fase ini.

Propagation phase(fase penyebaran)
pada fase ini, virus akan mengopikan dirinya pada suatu program atau suatu tempat dari media storage (baik harddisk,RAM, dsb). Setiap program yang terinfeksi akan menjadi hasil " kloning" virus tersebut (bergantung pada cara virus tersebut menginfeksinya).

Trigerring phase (fase aktif)
Di fase ini, virus tersebut akan aktif. hal ini juga di picu oleh beberapa kondisi seperti dormant phase.
Execution phase (fase eksekusi)\Pada fase inilah virus yang telah aktif akan melakukan fungsinya, .misalnya menghapus file atau menampilkan pesan (contoh firus yang saya beci AUTORUN.INF)

sekarang kalau sudah paham saya akan jelaskan cara aman mengatasi virus yang tidak bisa di prediksi apakah sifanya berbahaya atau biasamasih aman itupun jika tidak menghilangkan data penting anda, maka ingat langkah-langkah ini:
  • Gunakan antivirus yang dapat dipercaya dengan ubdate anti virus terbaru. tidak peduli dengan apa mereknya yang penting selalu di ubdate antifirus anda ( bukan pembaruan program tapi pemahaman virus terbaru) dan auto-protect ketika dinyalakan komputer akan terlindungi.
  • dan jangan gunakan antivirus bajakan jika anda tetap nekat bisa jadi penyesalan akan muncul belakangan, karena itu saya menyarakan gunakan antivirus yang resmi.
sekian informasi yang saya bagikan, semoga bermanfaat.

Related Post



Posted by Unknown
Unknown said...

Owh, jadi gitu..
thanks infonya