Daniel. Powered by Blogger.

Pengetahuan Umum Wing Chun

Posted by CIVULLY MOON BLOG

 

Fyg8J_sdkHM/VRJdv98oglI/AAAAAAAAAB8/yEh1s-ju2U0/s1600/index.jpeg
Wing Chun

Wing Chun (Cina: 詠 春; pinyin: yǒng Chun; Jyutping: wing 6 ceon1, harfiah: "musim semi nyanyian"), juga romanised sebagai Ving Tsun atau Wing Tsun, (dan kadang-kadang diganti dengan karakter 永春 "musim semi abadi"); adalah seni bela diri Cina yang berbasis konsep-dan bentuk pertahanan diri memanfaatkan kedua mencolok dan bergulat sementara yang mengkhususkan diri pertarungan jarak dekat.
Karakter alternatif 永春 "musim semi abadi" juga terkait dengan beberapa seni bela diri Cina selatan lainnya, termasuk Weng Chun Kung Fu dan Yong Chun.
Namun, dalam beberapa bagian dari Filipina, itu sering disebut "Sok Chang"

History

H9UAN4gJ9yQ/VPU3kHLvj6I/AAAAAAAAACY/KJ3lrtZwHHk/s1600/sdgs.jpg
Yip Man
Awal diketahui menyebutkan tanggal Wing Chun pada periode Red Boat Opera.Legenda umum seperti yang dikisahkan oleh Yip Man melibatkan wanita muda Yim Wing chun-selama periode setelah kehancuran oleh pemerintah Qing dari Southern Shaolin dan kuil-kuil yang terkait.Setelah menolak panglima perang lokal menawarkan pernikahan, Yim Wing Chun-katanya akan kembali usulan jika ia bisa mengalahkan dia dalam perkelahian. Dia segera menyeberang jalan dengan seorang biarawati Budha bernama Ng Mui, yang merupakan salah satu korban Shaolin Sekte, dan meminta suster untuk mengajarinya untuk melawan. Menurut legenda Ng Mui diajarkan sistem baru seni bela diri yang telah terinspirasi oleh pengamatan suster itu dari konfrontasi antara Ular dan Crane Yim Wing Chun-. Gaya ini kemudian-masih tanpa nama diaktifkan Yim Wing Chun-untuk mengalahkan panglima perang dalam pertarungan satu lawan satu. Yim Wing Chun-setelah menikah Leung Bac-Chou dan mengajarinya gaya, yang kemudian dinamai menurut namanya.Hal ini diyakini [oleh siapa?] Bahwa karena sistem ini dikembangkan selama Shaolin dan Ming perlawanan terhadap Dinasti Qing, banyak legenda, termasuk kisah Yim Wing Chun-, tersebar mengenai penciptaan Wing Chun untuk membingungkan musuh . Hal ini sering diberikan sebagai alasan untuk menjelaskan kesulitan dalam menentukan secara akurat pencipta atau pencipta Wing Chun.

Characteristics

VzdgjLHy7wg/VPU3yuKZ3iI/AAAAAAAAACg/eTlQ0mMMtfg/s1600/afgs.jpg
Aplication
Keseimbangan, struktur dan sikapBeberapa praktisi Wing Chun percaya bahwa orang dengan struktur tubuh yang lebih baik akan menang. Sebuah sikap Wing Chun yang benar adalah seperti sepotong bambu, tegas tapi fleksibel, berakar tetapi menghasilkan. Struktur ini digunakan untuk baik membelokkan kekuatan eksternal atau mengarahkan mereka.

Keseimbangan berhubungan dengan struktur karena tubuh seimbang pulih lebih cepat dari serangan terhenti dan struktur dipertahankan. Wing Chun melatih kesadaran gerakan tubuh sendiri berasal dari sumber otot, tendon, dan artikular. Pertunjukan bentuk Wing Chun seperti Chum Kiu atau bentuk Dummy kayu sangat meningkatkan proprioception. Wing Chun nikmat, sikap sempit tinggi dengan siku tetap dekat dengan tubuh. Dalam sikap, lengan diposisikan di seluruh tanda-tanda vital dari garis tengah. Pergeseran atau memutar dalam sikap dilakukan variantly pada tumit, bola, atau tengah (K1 atau Ginjal 1 poin) dari kaki tergantung pada garis keturunan. Semua serangan dan kontra-serangan yang dimulai dari perusahaan ini, dasar yang stabil. Wing Chun jarang membahayakan struktur untuk serangan yang lebih kuat karena ini diyakini membuat bukaan defensif yang dapat dieksploitasi.Struktur ini dianggap penting, tidak hanya untuk alasan pertahanan, tetapi juga untuk menyerang. Ketika praktisi secara efektif "berakar", atau selaras sehingga dapat menguatkan terhadap tanah, kekuatan memukul diyakini jauh lebih dahsyat. Selain itu, praktek "menetap" seseorang lawan untuk menahan mereka lebih efektif terhadap bantu tanah dalam memberikan sebanyak mungkin kekuatan mereka. 


Relaxation

Kelembutan (melalui relaksasi) dan teknik melakukan dengan cara yang santai, merupakan dasar Wing Chun.

    
Ketegangan mengurangi kecepatan memukul dan kekuasaan. Otot bertindak di pasang bertentangan satu sama lain (misalnya bisep dan trisep). Jika lengan tegang, kecepatan meninju maksimum tidak dapat dicapai sebagai bisep akan menentang perpanjangan lengan. Di Wing Chun, lengan harus rileks sebelum memulai gerakan meninju.
    
Ketegangan otot yang tidak perlu membuang-buang energi dan menyebabkan kelelahan.
    
Tegang, lengan kaku kurang cairan dan sensitif selama menjebak dan chi sao.
    
Sebuah tegang, tungkai kaku memberikan pegangan yang mudah bagi lawan untuk mendorong atau menarik dengan, sedangkan anggota tubuh santai memberikan lawan kurang untuk bekerja dengan.
    
Santai, tapi fokus, tungkai memberi kemampuan untuk merasa "lubang" atau kelemahan dalam struktur lawan (lihat bagian Sensitivitas). Dengan forwarding yang benar ini "lubang" memberikan jalan untuk menyerang lawan.
    
Perjuangan Muscular mengurangi pertarungan siapa yang lebih kuat. Kekuatan kasar Minimum dalam semua gerakan menjadi equalizer dalam konfrontasi kekuatan merata. Hal ini sangat banyak dalam semangat kisah Ng Mui.
 

Centerline

Sementara keberadaan "poros tengah" konsep disatukan di Wing Chun, penafsiran konsep centerline itu sendiri tidak. Banyak variasi ada, dengan beberapa garis keturunan mendefinisikan mana saja dari satu "centerline" untuk beberapa baris interaksi dan definisi. Secara tradisional tengah ini dianggap sebagai sumbu vertikal dari atas kepala manusia ke pangkal paha. Target mencolok utama tubuh manusia dianggap berada di atau dekat jalur ini, termasuk mata, hidung, tenggorokan, ulu hati, perut, panggul, dan pangkal paha.Teknik Wing Chun umumnya "tertutup", dengan kaki ditarik untuk melindungi daerah pusat dan juga untuk menjaga keseimbangan. Dalam sebagian besar keadaan, tangan tidak bergerak di luar lingkaran vertikal yang dijelaskan dengan mengayunkan lengan di depan, dengan tangan menyilang di pergelangan tangan. Untuk mencapai luar daerah ini, footwork digunakan. Sebuah penekanan dan waktu investasi yang besar dalam pelatihan Chi Sao latihan menekankan posisi mendominasi tengah ini. Sikap dan menjaga semua titik pada atau melalui pusat untuk berkonsentrasi maksud fisik dan mental dari seluruh tubuh ke satu sasaran.Wing Chun praktisi serangan di dalam wilayah pusat ini untuk mengirimkan kekuatan yang lebih efektif, karena target "pusat inti" (atau "garis ibu", pusat lain didefinisikan dalam beberapa garis keturunan dan mengacu pada sumbu vertikal dari tubuh manusia di mana pusat gravitasi terletak). Misalnya, mencolok bahu lawan akan memutar tubuh, menghilangkan beberapa gaya dan melemahnya pemogokan, serta mengorbankan posisi striker. Mencolok lebih dekat ke pusat mentransmisikan kekuatan lebih langsung ke dalam tubuh. 

Karena penekanan pada garis tengah, pukulan lurus adalah serangan yang paling umum di Wing Chun. Namun, prinsip serangan simultan dan pertahanan (Lin Sil Die Dar) menunjukkan bahwa semua gerakan dalam Siu Nim Tau dengan eksekusi maju mengalir ke pemogokan jika tidak ada perlawanan yang efektif terpenuhi, tanpa perlu recomposure. Contoh eksplisit lainnya pukulan dapat ditemukan dalam bentuk Chum Kiu dan Bil Jee, meskipun pukulan ini mungkin tampak dangkal berbeda mereka hanya hasil dari pukulan mulai dari posisi asal yang berbeda saat mengikuti ide dasar yang sama, untuk memukul di garis lurus mengikuti jarak terpendek antara tinju dan lawan.

Punch

 Punch adalah yang paling dasar dan fundamental dalam Wing Chun dan biasanya dibuang dengan siku ke bawah dan di depan tubuh. Tergantung pada garis keturunan, tinju diadakan di mana saja dari vertikal ke horizontal (palm sisi atas). Titik kontak juga bervariasi dari atas dua buku jari, ke tengah dua buku jari, ke bawah tiga ruas jari. Dalam beberapa garis keturunan dari Wing Chun, tinju ini berputar pada pergelangan tangan pada titik dampak sehingga tiga terbawah buku-buku yang condong ke depan menambah kekuatan untuk pukulan ketika sedang di perpanjangan maksimum.Pukulan dapat dilemparkan secara berurutan dalam "ledakan langsung" atau "rantai meninju". Ketika dijalankan dengan benar, dapat digunakan sebagai finisher membingungkan.Ketika melakukan pukulan, Anda harus rileks dan menggunakan bahu Anda. Pukulan berasal dari tubuh dan tidak lengan. Seperti kebanyakan pukulan lain dalam seni bela diri, Wing Chun pukulan dengan tubuh.Wing Chun sering dikritik karena mendorong pukulan lemah yang tidak memanfaatkan seluruh tubuh. [Rujukan?] Namun, sesuai dengan nama resmi dari pukulan dalam bahasa Cina (日 字 衝 拳), yang diterjemahkan sebagai "The Sun-karakter Bergegas Pukulan (atau Hammer di Kanton) ", seorang praktisi biasanya akan mendorong berat badan penuh mereka terhadap lawan mereka dengan kepalan sebagai" paku "dan tubuh mereka sebagai" palu ". Dengan setiap pukulan berturut-turut, praktisi akan melangkah lebih dekat dan lebih dekat ke lawan, mendorong tinju maju sebagai palu mendorong paku.Wing Chun pukulan tenang vertikal karena beberapa alasan:

    
Keterusterangan. Pukulan tidak "dimuat" dengan menarik siku belakang tubuh. Punch perjalanan langsung menuju sasaran dari posisi penjaga (tangan diadakan di depan dada).
    
Perlindungan. Siku tetap rendah untuk menutupi bagian tengah depan tubuh. Hal ini lebih sulit bagi lawan untuk menjalankan siku kunci / istirahat ketika siku menempati posisi ini. Hal ini membantu dalam menghasilkan tenaga dengan menggunakan seluruh struktur tubuh bukan hanya lengan untuk menyerang. Juga dengan siku ke bawah, ia menawarkan pembukaan kurang bagi tubuh diserang sementara lengan bawah dan pukulan ruang mencegat terhadap kepala dan tubuh bagian atas.
    
Kekuatan dan Dampak. Praktisi Wing Chun percaya bahwa karena siku belakang tinju selama mogok, itu demikian didukung oleh kekuatan seluruh tubuh bukan hanya tinju ayun, dan karena itu memiliki dampak yang lebih. Sebuah analogi umum adalah tongkat baseball yang berayun di kepala seseorang (pukulan round-house), sebagai lawan akhir gagang kelelawar yang condong ke depan ke wajah lawan (sayap chun pukulan), yang akan menyebabkan kerusakan yang jauh lebih dari melirik hit dan tidak mudah untuk menghindari. Banyak praktisi terampil bangga mampu menghasilkan "listrik pendek" atau sejumlah besar kekuasaan dalam waktu singkat. Sebuah demonstrasi umum dari ini adalah "satu-inch punch", pukulan yang dimulai hanya satu inci dari target belum memberikan jumlah ledakan kekuatan.
    
Keselarasan & Struktur. Karena penggunaan Wing Chun dari sikap, pukulan vertikal sehingga lebih cocok. Dahan langsung di depan dada, siku ke bawah, sifat vertikal pukulan memungkinkan praktisi untuk menyerap rebound dari pukulan dengan mengarahkan melalui siku dan ke sikap. Ini adalah sifat yang diinginkan untuk seorang praktisi Wing Chun karena mempromosikan penggunaan seluruh struktur tubuh untuk menghasilkan tenaga. Padahal, rebound dari pukulan horisontal hanya menggunakan lengan untuk menyerang. Dalam posisi siku-out ini engsel-struktur mengarahkan memaksa keluar sepanjang torsi tungkai memproduksi dalam tubuh pons itu.
 


Kicks

Tendangan dapat secara eksplisit ditemukan dalam bentuk Chum Kiu dan Mook Jong, meskipun beberapa telah membuat interpretasi dari gerakan kaki kecil di Siu Nim Tau dan Bil Jee mengandung informasi menendang juga. Tergantung pada garis keturunan, seorang pemula sering diperkenalkan ke dasar menendang sebelum belajar formulir yang tepat. Secara tradisional, tendangan disimpan di bawah pinggang. Ini adalah karakteristik dari seni bela diri Cina selatan, berbeda dengan sistem utara yang memanfaatkan banyak tendangan tinggi.

Variasi pada tendangan depan yang dilakukan dengan mencolok dengan tumit. Tubuh mungkin persegi dan lutut dan kaki vertikal pada kontak (Chum Kiu), atau poros dapat terlibat dengan kaki dan lutut di pesawat pada sudut (Mook Jong). Pada jarak pendek ini bisa menjadi lutut. Sebuah tendangan bangsal lokomotif dilakukan mencolok dengan tulang kering dengan cara yang mirip dengan versi Muay Thai dengan sebagian besar kekuasaan yang berasal dari poros tubuh. Tendangan ini biasanya digunakan sebagai finisher jarak dekat, menargetkan manapun di antara tulang rusuk dan bagian belakang lutut, tendangan ini juga bisa menjadi lutut jarak dekat. Tendangan lainnya termasuk tendangan stamping (Mook Jong) untuk jarak sangat dekat dan menyapu dilakukan dengan tumit dalam mode melingkar.Setiap tendangan yang baik serangan dan pertahanan, dengan kaki yang digunakan untuk memeriksa tendangan masuk atau mengambil inisiatif dalam menyerang melalui sebelum tendangan yang lebih bundar bisa mendarat. Tendangan yang disampaikan dalam satu gerakan langsung dari sikap tanpa chambering / memiringkan.
 


Uncommitted techniques

Teknik Wing Chun yang tidak terikat. Ini berarti bahwa jika teknik gagal untuk menghubungkan, posisi praktisi atau keseimbangan kurang terpengaruh. Jika serangan itu gagal, praktisi mampu "mengalir" dengan mudah menjadi serangan tindak lanjut. Semua teknik Wing Chun izin ini. Setiap pukulan atau tendangan dapat dirangkai untuk membentuk sebuah "rantai" serangan. Menurut teori Wing Chun, serangan ini, berbeda dengan satu serangan besar, memecah lawan secara bertahap menyebabkan kerusakan internal. Pukulan vertikal dirantai adalah identifier Wing

Trapping skills and sensitivity

The Wing Chun praktisi mengembangkan refleks dalam pencarian pertahanan tanpa jaminan melalui penggunaan sensitivitas. Pelatihan melalui Chi Sao dengan mitra pelatihan, salah satu mempraktekkan penangkapan tangan. Ketika lawan adalah "terjebak", ia menjadi bergerak.
Filsafat Cina: "Greet apa tiba, mengawal apa daun dan terburu-buru setelah kehilangan kontak (來 留 去 送, 甩手 直衝)" - Yip Man
.


Close range

Wing Chun mengajarkan praktisi untuk memajukan cepat dan menyerang dari jarak dekat. Sementara tendangan depan Wing Chun dapat dianggap sebagai teknik jarak jauh, banyak praktisi Wing Chun praktek "teknik entri" -getting melewati tendangan dan pukulan lawan untuk membawa mereka dalam jangkauan Wing Chun jarak dekat repertoar. Ini berarti bahwa secara teoritis, jika teknik yang benar diterapkan, orang yang lebih pendek dengan jangkauan lebih pendek bisa mengalahkan orang yang lebih besar dengan mendapatkan dalam jangkauan mereka dan menyerang mereka dekat dengan tubuh mereka. 

Related Post



Posted by Unknown