Daniel. Powered by Blogger.

Membuat taman hijau Pekarangan Depan Rumah

Posted by CIVULLY MOON BLOG



 
Taman
Membuat taman hijau yang asri adalah cara membuat hunian Anda terasa lebih segar, walaupun hanya taman minimalis depan rumah. Taman asri bisa berupa petak kecil dengan semak atau pot-pot bunga, dan bisa berupa taman besar dengan lanskap indah yang terancang dengan baik. Saat ini bahkan ada tren membuat taman minimalis dalam rumah, yaitu dengan menyediakan petak kecil untuk menaruh pot atau jenis tanaman yang daunnya tidak mudah rontok.
Taman minimalis depan rumah dengan desain sederhana
Taman hijau bisa memberi kesegaran di rumah, mengurangi stress terutama jika Anda sering menatap layar untuk bekerja (warna hijau mengurangi stres dan tekanan pada mata). Jika Anda ingin memiliki rumah lebih asri, Anda harus mempertimbangkan taman di rumah, bahkan jika taman itu hanya petak kecil dengan bunga-bunga yang tidak terlalu mahal.
Pilihan taman minimalis depan rumah
Ingin membuat taman untuk menghijaukan rumah Anda? Pertimbangkan berbagai ide pembuatan taman minimalis depan rumah dan belakang berikut ini:
minimalis depan rumah
  • Taman kecil di pojok pekarangan. Jika pekarangan Anda sempit, buat taman pekarangan yang tidak simetris dengan menyediakan pojok khusus untuk menanam bunga-bunga, dan mungkin kolam buatan dengan ikan hias. Ini bisa menjadi ‘pojok tenang’ Anda, terutama jika Anda bisa memandang ke arah taman kecil ini saat duduk di teras. Kolam ini bisa dilengkapi dengan air terjun kecil untuk memberi efek suara tenang.


Taman minimalis depan rumah dengan kolam kecil
dengan kolam kecil

  • Taman depan rumah bisa dipasangi gazebo kecil sebagai ornamen, dan di sekitarnya tidak perlu diberi lanskap berlebihan, melainkan cukup pekarangan rumput, pijakan batu atau jalur jalan kaki dari rumah sampai gazebo tersebut, dan mungkin beberapa tanaman perdu serta pohon kecil, sehingga taman minimalis depan rumah tersebut nampak seperti lahan pedesaan. Anda bisa juga menanam pohon berbunga agar kelak ada sedikit warna di pekarangan Anda.
taman minimalis depan rumah tanpa lansekap khusus
 
tanpa lansekap khusus
Pilihan taman minimalis belakang rumah
Taman minimalis belakang rumah umumnya digunakan sebagai area santai keluarga, selain untuk membawa kesan asri lebih dekat ke ruang hunian. Berikut adalah beberapa ide yang bisa anda terapkan untuk taman belakang rumah anda:
  • Taman minimalis belakang rumah dapat dihubungkan dengan ruang makan. Jika Anda punya rumah dengan tembok tinggi dan halaman belakang yang agak luas, coba buat ruang makan dengan pintu lebar yang menghadap ke pekarangan belakang. Kemudian, Anda bisa membuat taman kecil yang didominasi dengan pekarangan rumput dan pijakan batu atau pot-pot bunga, namun jangan terlalu lebat agar tidak menimbulkan nyamuk. Ini akan menjadi pemandangan bagus saat Anda makan.

Taman minimalis belakang rumah berbatasan dengan ruang makan

berbatasan dengan ruang makan
  • Area belakang rumah yang sangat sempit bisa dijadikan taman dengan menyediakan planters, yaitu semacam kotak panjang berisi tanah yang bisa Anda tanam dengan bibit bunga. Kotak panjang ini bisa terbuat dari semen atau bata ekspose untuk kesan lebih alami. Dengan demikian, Anda bisa menikmati pemandangan asri dan serba hijau walau halaman belakang Anda sangat sempit.
 Taman minimalis belakang rumah di lahan sempit
 
belakang rumah di lahan sempit
Taman minimalis depan rumah dan belakang rumah sudah sangat umum bahkan di rumah dengan pekarangan sempit, namun pertimbangkan juga menyediakan tempat untuk taman di dalam rumah untuk sentuhan lebih unik.
Pilihan Taman Minimalis Dalam Rumah
Membuat taman dalam rumah adalah salah satu tren rumah modern. Pilihan desain taman untuk rumah bisa digabungkan dengan konsep bangunan rumah agar bentuknya menyatu apik dengan taman. Contoh, Anda bisa memisahkan dua bagian rumah dan membuat taman kecil di tengahnya, serta menghubungkan dua bagian rumah ini dengan pijakan kaki atau semacam jembatan, sehingga siapapun yang berada di dalam rumah bisa mendapat akses ke taman kecil tanpa perlu ke belakang atau depan rumah.
Taman minimalis dalam rumah penghubung dua ruangan
Jika lantai rumah Anda letaknya agak tinggi dari tanah, Anda bisa membuat taman kecil di dalam rumah dengan memanfaatkan tanah yang letaknya lebih rendah. Jadi, Anda bisa berjalan di sisi-sisi taman tersebut sambil menikmati pemandangan asri di bagian tanah yang lebih rendah. Anda bahkan bisa membuat taman minimalis dalam rumah dengan planters yang terbuat dari beton atau semen, di mana planters ini bisa dibuat sempit, asal bisa tetap menyumbang warna hijau di dalam rumah.
Taman minimalis depan rumah, belakang dan dalam bisa membuat rumah menjadi asri. Bahkan rumah yang sangat kecil sekalipun bisa memanfaatkan lahan sempit untuk menyediakan sesuatu yang asri dan alami di rumah.

Related Post



Posted by Unknown